Monday 21 February 2011

Fakta Menarik Tengtang Kucing (bag.3)

Sudah anda baca 2 postingan yang sebelumnya? Harus baca dulu, soalnya ini sudah yang ketiga. Nomer urutnya pun bakal saya mulai dengan nomer 41. Kalau anda langsung baca yang ini, jadinya ibarat ‘berakit-rakit ke hulu, cuci baju di tepian’ alias tidak nyambung.
41) Kucing sangat peka dengan penciumannya. Jika kucing anda menolak air ledeng yang anda berikan untuk diminumnya, itu mungkin karena dia mencium zat chlorine atau zat-zat mineral lain yang asing baginya.
42) Jangan beri makan kucing anda dengan makanan anjing, karena kucing butuh protein 5 kali lebih banyak dari anjing.
43) Kucing adalah salah satu mamalia termalas. Seekor kucing bisa tidur sampi 16 jam sehari. Yang berarti, kucing berumur 7 tahun hanya bangun selama 2 tahun sepanjang hidupnya.
44) Kucing jauh lebih aktif pada malam hari.
45) Jika anda sudah tidak bisa merasakan tulang rusuk kucing anda, itu tanda bahwa dia sudah kelebihan berat badan.

46) Pada tingkat kegemukan tertentu, kucing akan kehilangan daya tangkap dan kestabilan tubuhnya.
47) Rekor kucing terberat di Guinness Book of World Record tercatat atas nama Himmy, seekor kucing Autralia dengan berat 21 kilogram dan ukuran pinggang 83 sentimeter pada tahun 1986.  Rekor sebelumnya dipegang oleh Spice dari Connecticut dengan berat 19 kilogram saat mati di tahun 1977.
48) Rekor kucing tercatat atas nama Tinker Toy dari Illinois. Seekor kucing Persia-Himalaya dengan berat hanya 0,6 kilogram, panjang tubuh 18,41 sentimeter dan tinggi 6 sentimeter.
49) Kucing senang tempat-tempat yang tinggi, sifat genetik yang juga dimiliki oleh jaguar dan macan tutul yang tidur di atas pohon. Ketika jatuh, bagian dalam saluran telinganya (yang mengontrol keseimbangan) membantu kucing untuk selalu mendarat dengan kakinya.
50) Kucing domestik (rumahan) tergolong penyendiri. Ketika ditempatkan pada satu kelompok, dia akan membentuk hirarkinya sendiri. Kucing bisa belajar berbagi makanan dalam kelompok selama jumlah makanan yang ada mencukupi.
51) Kucing kehilangan ke-agresifannya ketika sudah mandul atau dikebiri.
52) Kucing menandai rumah atau daerah kekuasaannya dengan bau air kecingnya yang identik.
53) Kucing memiliki kemampuan untuk kembali ke ‘rumah’nya dari jarak ayng sangat jauh. Menurut penelitian PSI trailings, kucing menggunakan gravitasi bumi menentukan rumahnya, dan mengembangkan kemampaun untuk pulang bila dibutuhkan.
54) Amerika menghabiskan 4 miliar dollar untuk biaya makanan kucing, yang mana 1 miliar lebih banyak daripada biaya untuk makanan bayi!
55) Setiap tahunya, jumlah biaya rata-rata yang dikeluar pemilik kucing di Amerika adalah 2,15 miliar dollar untuk makanan kucingnya dan 295 juta dollar untuk persalinan kucingnya.
56) Kucing menggosokkan badannya ke suatu objek (benda, kucing lain, atau majikannya) untuk menempelkan bau mereka agar lebih mudah mengenali objek tersebut. Bau yang ditempelkan biasanya berasal dari daerah antara telinga dan mata mereka, atau kelenjar di daerah ekor.
57) Kucing tidak memakan makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Kucing yang memangsa tikus, setelah membunuh biasanya menunggu hingga suhu mangsanya turun pada tempratur tertentu sebelum dimakan.

Itulah fakta-fakta kecil tentang kucing yang oleh kebanyakan pencinta kucingpun belum tentu tahu. Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi anda.

Sumber : www.erwinmiradi.com



0 comments:

  © Blogger template 'Hypnoticat' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP