Tuesday 14 December 2010

Fakta Menarik Tentang Kucing (Bag.1)

Di bawah ini uraian beberapa fakta menarik tetang kucing yang berhasil saya dirangkum dari beberapa sumber...:
1) Bantalan hidung kucing permukaannya memiliki pola yang unik dan berbeda pada setiap kucing, seperti sidik jari manusia.
2) Ada 500 juta jumlah kucing di muka bumi dengan 33 keturunan yang berbeda.
3) Jantung kucing berdetak dua kali lebih cepat dari pada jantung manusia, yaitu dari 110 sampai 140 kali per menit.
4) Keturunan kucing terbesar adalah Ragdoll. Berat jantannya 5-9 kg, dan berat betinanya 4-6 kg.
5) Keturunan kucing terkecil adalah Singapura. Berat jantannya 2 kg, dan berat betinanya hanya 1 kg.

6) Kibasan ekor kucing adalah sebuah tanda bahwa kucing sedang dalam keadaan ‘konflik’. Itu terjadi saat kucing ingin melakukan 2 hal sekaligus, tapi nalurinya tidak mengizinkan. Misal: Saat kucing anda ada di ambang pintu dan ingin keluar. Tapi begitu anda membuka pintu, di luar ternyata sedang hujan. Kucing anda akan mengibas-ibaskan ekornya karena sedang terjadi konflik internal. Kucing ingin keluar, tapi secara naluriah tidak ingin terkena hujan . Ekornya baru akan berhenti mengibas setelah keputusan diambil.
7) Jangan mengangkat kucing anda dengan memegang kulit di bagian tengkuknya, karena hanya induk kucing yang secara naluriah bisa melakukan ini dengan aman, dan itupun hanya dilakukan kepada anaknya sampai berumur 3 bulan.
8 ) Mencakar-cakar benda adalah tanda bahwa kucing sedang dalam mood yang baik.
9) Kucing mempunyai kemampuan membaca mood  saudara dan majikannya melalui tempratur tubuh. Jika anda memperhatikan kucing anda, akan terlihat perbedaan sikapnya saat anda sedang dalam keadaan tertekan atau stress.
10) Kucing domestik adalah satu-satunya spesies kucing yang bisa menahan ekornya secara vertikal sambil berjalan. Kucing liar hanya membiarkan ekornya terjuntai saat berjalan.
11) Dalam masa produktifnya, kucing betina bisa melahirkan lebih dari 100 anak kucing selama hidupnya.
12) Seekor kucing betina rata-rata bersalin sebanyak 2-3 setiap tahunnya, dan melahirkan 1-8 anak kucing setiap kali bersalin.
13) Di tahun 1952, seekor kucing keturunan Texas Tabby bernama Dusty, mencatat rekor anak terbanyak dengan melahirkan lebih dari 450 anak kucing sampai persalinan terakhirnya di usia 18 tahun.
14) Tahun 1985, rekor persalinan terbesar di catat oleh kucing keturunan Persia dari Afrika Selatan bernama Bluebell dengan melahirkan 14 anak kucing dalam sekali bersalin. Dan semuanya hidup!
15) Satu pasang kucing saja bisa menghasilkan 420.000 anak kucing dalam 7 tahun!
16) Kucing mempunyai 290 tulang dan 517 otot pada tubuhnya.
17) Seekor kucing memiliki tulang belakang 5 ruas lebih banyak daripada manusia.
18) Ada tiga tipe tubuh kucing:
  • Tipe pendek: tubuh padat, kaki pendek dan kepala yang besar. Mata besar dan bulat.
  • Tipe berotot: tubuh kokoh dan bulat dengan pipi besar.
  • Tipe kucing asing: tubuh ramping, dengan kaki dan ekor panjang. Kepalanya lancip dengan telinga tinggi dan mata miring, terkadang tidak simetris.
19) Sir Isaac Newton, selain penemu konsep gravitasi, ternyata juga penemu pintu kucing. (Pintu kecil dibagian bawah daun pintu)
20) Umur rata-rata untuk kucing rumahan adalah 15 tahun, umur rata-rata kucing liar adalah 3-5 tahun.



0 comments:

  © Blogger template 'Hypnoticat' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP